Sabtu, 12 Januari 2013

Indonesia bisa buat Pesawat dengan teknologi tinggi. kok bisa?

Tahukah kalian, seberapa besar potensi negara kita untuk memproduksi barang berteknologi tinggi yaitu pesawat? Pesawat adalah teknologi yang melebihi teknologi Mobil, Motor, dan lainnya. namun anehnya, negara lebih menggembor-gembokan mobil nasional. Padahal kesuksesan produksi pesawat didepan mata.Is That True?

Indonesia memiliki potensi produksi pesawat terbang, berawal dari perjuangan sang ilmuwan dan sang mantan presiden kita B.J Habibie, beliau dulu merupakan Menteri Riset dan Teknologi Indonesia pada era kepemimpinan Presiden Soeharto. Beliau mengembangkan IPTN (sekarang PT DI) menjadi perusahaan besar. Beliau mampu merancang pesawat, diantaranya N250 N219 N2130. Pesawat pesawat ini berukuran kecil (kecuali N2130) dan menggunakan mesin berbaling-baling. Karena pembuatan pesawat ini dikhususkan untuk transportasi antar daerah terutama pulau-pulau kecil di Indonesia terutama bagian timur, karena minimnya lahan dan keperluan transportasi yang cepat.

Percayakah? sewaktu salah satu pesawat berhasil dibuat (seingat saya N250), pesawat itu sama sekali belum pernah diterbangkan. Belum pernah diuji apakah pesawat itu dapat terbang, namun Beliau bapak Habibie yakin bahwa pesawat yang ia rancang akan sukses dan sempurna. Sehingga pada waktu penerbangan sekaligus pemameran produk buatan asli Indonesia ini dihadiri oleh Presiden Soeharto dan mengundang para petinggi dan pimpinan negara di berbagai penjuru dunia. Dan dengan keberaniannya, pesawat itu berhasil terbang mulus. Sukses!!

Namun karena Indonesia didera krisis moneter, pembuatan besar-besaran pesawat ini gagal. Bahkan pesawat rancangan B.J Habibie yakni N2130 yang disebut-sebut memiliki teknologi yang paling tinggi melebihi Pesawat sekelas Shukoi Super Jet 100, gagal dibuat akibat krisis uang, dan IPTN pun terpaksa ditutup.

Berikut adalah rancangan N2130 yang luar biasa..

(sumber: Wikipedia)
Pada saat konsep desain, N-2130 dipertimbangkan untuk 80, 100 atau 130 penumpang. Pesawat ini dilengkapi dengan teknologi canggih advanced fly-by-wire system.
2130-3v.gif
DIMENSI 80 pax 100 pax 130 pax
Sayap:
Luas (m²)
Rentang (m)
Aspect Ratio
Sweepback (0.25°)

102.80
28.95
8.20
24.30

102.80
28.95
8.20
24.30

102.80
28.95
8.20
24.30
Panjang total (m) 27.23 29.65 33.37
Diameter fuselage 3.91 3.91 3.91
Berat
Berat Take-Off Max. (kg)
Berat Landing Max. (kg)
Beban angkut (Payload) Max. (kg)

43.500
40.000
10.500

49.000
45.000
12.300

55.800
51.000
15.300
Mesin
High By-Pass Ratio Turbofan Engine
Sea Level Static Thrust (kN)

2 x 75

2 x 82

2 x 97.5

  Berikut adalah video untuk N2130

 

 

Namun, pada tahun 2012 Indonesia akan memulai kembali Industri Pesawat yang lebih serius dengan kembalinya Bapak Habibie setelah menjadi salah satu petinggi perusahaan pesawat di Jerman. Alhasil, rencananya pada tahun 2013 telah dimulai produksi, dan kita berharap N2130 akan dapat terealisasikan. Amiin

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan posting komentar anda :)